loading...

4 Cara Berbeda Pasang Kode Iklan Adsense di Blogspot

Cara pasang Adsense di Blogger / Blogspot. Untuk penempatan boleh sesuka hati sesuai keinginan masing-masing publisher. Namun, untuk cara pasang iklan Adsensenya harus dengan 4 cara yang akan spot jelaskan di artikel ini.

Gambar Denah Adsense

[Photo: Admin] Ilustrasi Penempatan Unit Adsense


4 Posisi Terbaik Unit Adsense
  1. Pasang Adsense menggunakan fitur Penghasilan.
  2. Pasang Adsense melalui widget HTML/JavaScript.
  3. Pasang Adsense langsung di editor postingan.
  4. Pasang Adsense via "Edit HTML", tema/template blog.

Cara ini adalah cara pasang iklan Adsense terlengkap dan termudah yang pernah teman-teman Blogger bagikan sebelumnya. Biarpun beda cara dan isi namun maksud dan tujuan tetap satu jua, benerkan begitu SpotLover's.

Baiklah sekarang akan spot uraikan satu persatu dalam tutorial di bawah. Spot akan menerangkan sejelas dan sesederhana mungkin agar nanti dapat kamu praktek dengan mudah.

1. Cara Pasang Iklan Adsense via Tab Penghasilan

Memasang Adsense paling mudah dilakukan adalah dengan cara ini, yaitu menggunakan tab Penghasilan yang terdapat di menu sebelah kiri dasbor Blogger.

Caranya: kamu bisa langsung masuk akun Blogger menggunakan email Gmail kamu > kemudian di halaman dasbor pilih Penghasilan > setelah itu pilih Tampilkan iklan di blog > klik Simpan setelan, dan lihat hasilnya.

Gambar 1

[Screenshot: Admin] Tab Penghasilan Adsense Blogger


2. Cara Pasang Iklan Adsense Menggunakan gadget HTML/JavaScript

Ini cara kedua yang terbilang mudah berikutnya setelah tab Penghasilan. Menggunakan fitur ini maka kamu haruslah lebih dulu mendapatkan kode iklan Adsense.

Untuk mendapatkan kodenya kamu bisa kunjungi akun Adsense kamu. Jika masih baru dan belum ada unit iklan sama sekali, kamu harus membuatnya dulu agar nanti bisa mengambil kode iklan Adsense-nya.

Caranya: masuk akun Adsense kamu di halaman login Google Andsense > pengguna baru buatlah dulu Unit iklan baru, yang sudah ada tinggal lanjut ya > pilih unit iklan yang kamu inginkan > kemudian klik Dapatkan kode > copy (salin) kode iklan Adsense-nya > kembali ke Blogger > pilih Tata letak di tab kiri > tambahkan gadget pada area yang kamu inginkan (iklan Adsense) > tambahkan HTML/JavaScript > judul kosongkan saja tak apa-apa, kemudian paste (tempel) kode iklan Adsense yang sudah kamu dapatkan tadi > klik Simpan.

Gambar 2


Gambar 3

[Screenshot: Admin] Cara Mendapatkan Kode Unit Iklan Adsense dan Menambahkan Gadget HTML/JavaScript


Selain yang di atas pada tahap ini kamu juga dapat menambahkan Gadget Adsense tanpa harus masuk ke akun GA dan mengambil kode unit Adsense.

Caranya: ulangi langkah pada gambar nomor 3 > tambahkan Gadget > kemudian disini kamu pilih / tambahkan Adsense > di halaman mengonfigurasi Adsense tentukan setelan Adsense dan kemudian klik Simpan.

Gambar 4

[Sreenshot: Admin] Tambahkan Gadget Adsense


3. Cara Pasang Iklan Adsense Langsung Pada Artikel via Editor 'Entri Baru'

Cara ini adalah yang termudah ketiga setelah dua cara di atas tadi. Khusus cara ini kamu bisa lihat pada langkah di gambar nomor 2. Kemudian setelah mendapatkan kode unit Adsense tinggal paste (tempel) dalam artikel yang kamu tulis. Kamu bisa meletakkan dibagian manapun yang kamu inginkan, mau di atas, di tengah, di bawah dan kiri atau kanan isi artikel.

Caranya: copy kode unit iklan seperti pada contoh gambar nomor 2 > kemudian buat artikel baru atau artikel yang sudah ada juga boleh > di halaman Editor post / Entri baru pastikan pada mode 'HTML' (no compose) > kemudian paste kode unit iklan pada area yang kamu inginkan (bebas).

Ini untuk penempatan iklan Adsense di atas, di tengah dan di bawah artikel dengan posisi di tengah-tengah.
<center>
KODE UNIT IKLAN ADSENSE: ATAS, TENGAH ATAU BAWAH DISINI
</center>

Ini untuk penempatan unit iklan Adsense di posisi kiri artikel, baik itu di bagian atas, tengah atau akhir artikel.
<div style="float:left;margin:5px 15px 5px 0px;padding:0px;">
KODE UNIT IKLAN ADSENSE KIRI ARTIKEL DISINI
</div>

Kemudian yang ini untuk meletakkan Adsense disamping kanan artikel / postingan blog.
<div style="float:right;margin:5px 0px 5px 15px;padding:0px;">
KODE UNIT IKLAN ADSENSE KIRI ARTIKEL DISINI
</div>
Penting!
ganti tulisan merah yang ada di antara kode, ganti dengan kode unit iklan Adsense kamu.
Jika dirasa sudah beres klik Pratinjau untuk melihat hasilnya, dan jika sudah sesuai kemudian klik Publikasikan postingan.

4. Cara Pasang Kode Iklan Adsense di 'Edit HTML' Template

Nah kalau yang ini nanti iklan Adsense nya akan muncul secara otomatis pada area yang telah kamu tentukan dalam editor tema template xml.

Baiklah karena sudah lumayan pajangnya ini artikel rasanya pegel juga nih jari ngetik terus dari tadi, kita langsung saja ya pada pokok penjelasan keempat.

Caranya: langsung di dasbor Blogger pilih Tema, ada di tab kiri > kemudian klik Edit HTML > ulangi lagi seperti pada langkah di contoh gambar nomor 2. Kemudian setelah mendapatkan kode unit Adsense nya pelajari cara yang ada di bawah ini.

Untuk menempatkan Adsense pada bagian atas postingan cari kode ini <data:post.body/> kemudian letakkan kode berikut tepat di atas kode <data:post.body/> untuk mempermudah gunakan tombol Ctrl + F secara bersamaan pada keyboard lapto untuk menampilkan fitur pencarian, kemudian masukkan kode <data:post.body/> dalam kotak search dan tekan 'Enter'. Biasanya terdapat lebih dari satu kode <data:post.body/> dan coba satu persatu, kemungkinan besar kalau nggak yang kedua ya yang ketiga (tergantung template yang kamu pakai). Namun sebelumnya kode iklan harus kamu format DISINI - PARSE HTML TOOLS
<center>
KODE UNIT IKLAN ADSENSE ATAS DISINI (sudah di parse)
</center>

Kalau yang ini untuk Adsense di tengah artikel. Cari kode <data:post.body/> hapus kode tersebut dan ganti dengan kode berikut. Format kode unit iklan DISINI - PARSE HTML TOOLS.
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
KODE UNIT IKLAN ADSENSE TENGAH ARTIKEL DISINI (sudah di parse)
</center>
</div>
<div expr:id=
'&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>

var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

Kemudian untuk posisi iklan Adsense di bawah / akhir atikel kamu gunakan kode berikut ya. Cari kode ini <data:post.body/> dan letakkan kode berikut tepat di bawah kode <data:post.body/>. Parse kode iklannya DISINI - PARSE HTML TOOLS.
<center>
KODE UNIT IKLAN ADSENSE ATAS DISINI (sudah di parse)
</center>

Ini kode untuk posisi iklan di samping kiri artikel blog. Cari kode <data:post.body/> dan letakkan kode berikut di atas (jika ingin iklan di atas kiri) atau di bawah kode (jika ingin iklan di bawah kiri) <data:post.body/>. Parse kode DISINI - PARSE HTML TOOLS.
<div style="float:left;margin:5px 15px 5px 0px;padding:0px;">
KODE UNIT IKLAN ADSENSE KIRI ARTIKEL DISINI (sudah di parse)
</div>

Kemudian ini yang terakhir untuk penempatan iklan Adsense di samping kanan artikel. Cari kode ini <data:post.body/> dan letakkan kode berikut di atas (jika ingin iklan muncul di kanan atas) atau di bawah (jika ingin iklan muncul di kanan bawah) kode tersebut. Parse kode iklan kamu DISINI - PARSE HTML TOOLS.
<div style="float:right;margin:5px 0px 5px 15px;padding:0px;">
KODE UNIT IKLAN ADSENSE KANAN ARTIKEL DISINI (sudah di parse)
</div>

Penting!
ganti tulisan merah yang ada di antara kode, ganti dengan kode unit iklan Adsense kamu.

Pada kasus nomor 4 khusus untuk kode unit adsense nya mesti kamu parse (format) terlebih dulu agar nanti tidak terjadi kesalahan atau error. Parse kode unit iklannya DISINI - PARSE HTML TOOLS.

Sebelumnya kamu periksa dulu ada yang keliru atau tidak, kemudian preview (pratinjau). Apabila sudah sesuai kemudian klik Simpan tema.

Huffff... akhirnya kelar juga tugaa saya mengetik artikel yang panjang lebar ini. Cukup melelahkan dan bikin jari-jari pada pegel semua. Tapi saya sangat merasa puas bila ini bermanfaat bagi semua pembaca setia Bimbel Blogger. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "4 Cara Berbeda Pasang Kode Iklan Adsense di Blogspot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel