loading...

#MOVE Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD (Memory Card)

Panduan memindahkan aplikasi dari penyimpanan perangkat ke kartu memori eksternal (Kartu SD). Hay sobat spot kalian pada tau nggak ternyata tips yang spot bagikan ini "pindahkan aplikasi ke kartu SD" sangatlah bermanfaat dan berpengaruh positif untuk segi kinerja peforma perangkat Android kesayangan kamu.

pindahkan-aplikasi-ke-kartu-sd-172607.png

[Screenshot] Merubah lokasi aplikasi dari penyimpanan perangkat ke kartu memori (SD Card) pada perangkat Android


Cara yang akan spot terangkan disini dapat kita lakukan sama-sama tanpa perlu menggunakan aplikasi pendukung lainnya atau aplikasi dari pihak ketiga untuk mengubah lokasi penyimpanan dari suatu aplikasi yang ada di Android.

Seperti yang kita ketahui bersama semakin banyak data dan aplikasi yang terinstal pada memori perangkat maka memori atau penyimpanan yang tersisa pada suatu perangkat tersebut akan semakin sedikit.

Nah hal tersebut akan berefek buruk kepada kinerja perangkat (hp, smartphone, tablet) Android kamu dikarenakan memori dan RAM yang banyak terpakai oleh aplikasi-aplikasi yang banyak terinstal langsung di perangkat.

Kemudian bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Mudah saja kamu bisa melakukannya tanpa perlu membuang atau menghapus aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat kamu, yaitu dengan syarat mengikuti langkah-langkah yang akan spot berikan dibawah.

Cara Ubah Lokasi Penyimpanan Aplikasi


Untuk memindahkan atau merubah lokasi penyimpanan aplikasi dari memori perangkat ke kartu SD (memori eksternal) silahkan ikuti step by step berikut.

  • Pertama dari layar perangkat Android kamu buka pengaturan menu dengan cara tarik dari atas ke bawah menggunakan jari kamu.
  • Kemudian kamu klik tuh icon (gir) pengaturan yang terlihat di pojok kanan atas layar Android.
  • Seret sedikit ke bawah dan pilih pilihan Aplikasi.

    pengaturan aplikasi

    Screenshot

  • Lalu kamu klik pada Manajer aplikasi.

    manajer aplikasi

    Screenshot

  • Setelah manajer aplikasinya terbuka kemudian kamu klik aplikasi mana saja yang kamu inginkan untuk memindahkannya ke kartu SD.

    pilihan aplikasi

    Screenshot

  • Kemudian lihat di keterangan "Penyimpanan" jika disana tertulis dari memori perangkat digunakan dan kamu klik saja pada tulisan tersebut.

    penyimpanan perangkat

    Screenshot

  • Nah disini penentunya apakah aplikasi yang kamu pilih bisa di pindahkan ke memori luar (kartu SD) atau tidak. Perhatikan setelah kamu lakukan klik pada poin di atas dan terbuka menu selanjutnya, apakah disana terdapat tombol UBAH atau tidak ada sama sekali, jika tersedia tombol tersebut artinya kamu bisa memindahkan aplikasi itu ke lokasi kartu memori SD Card.
    tombol ubah

    Screenshot

  • Kamu klik saja tombol UBAH untuk melakukan proses perpindahan lokasi penyimpanan aplikasi.
  • Kemudian ketika kamu klik tombol "UBAH" tersebut akan ada munculan Ubah lokasi penyimpanan dengan dua pilihan (●Memori perangkat) dan (○Kartu SD). Kamu pindahkan pilihan atau centang pada pilihan ○Kartu SD, dan tampilan berikutnya klik saja PINDAH > yang ada disebelah kiri bawah layar hp kamu.

    pilih kartu sd

    Screenshot


    pindah

    Screenshot

  • Silahkan tunggu hingga progres "Transfer" aplikasinya selesai dilakukan, "Jangan cabut kartu SD selama transfer.

    transfer aplikasi

    Screenshot

  • Setelah proses transfer selesai maka tulisan di atas tombol "UBAH" yang tadinya (Memori perangkat) akan berganti dengan (Penyimpanan eksternal).

    penyimpanan eksternal

    Screenshot

  • Sampai disini proses perpindahan lokasi penyimpanan telah selesai dilakukan dengan sempurna, dan kemudian kamu bisa kembali untuk lagi pada menu manajer aplikasi untuk memindahkan aplikasi-aplikasi lainnya ke kartu SD.

Nah SoptLover's tunggu apalagi, jika memang kamu sudah mengeri dengan arahan yang spot berikan diatas tadi kamu bisa langsung mempraktekkannya dan rasakan perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan cara yang ada pada postingan ini yaitu "Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD".

0 Response to "#MOVE Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD (Memory Card)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel