loading...

Cara Buat Blogger Sendiri Paling Mudah Tahun Ini, Mulai Dari A Sampai Z

Cara membuat blog Blogger/Blogspot. Kamu yang masih newbi dan baru mulai menyukai yang namanya Blogger, artikel ini sangat cocok untuk sahabat spot jadikan referensi membuat blog di Blogger/Blogspot. Blogspot atau yang lebih kita kenal dengan Blogger ini adalah suatu platform layanan gratis anak perusahaan dari perusahaan online terbesar dunia, yaitu Google.com.


Blog Blogger / Blogspot
www.roeman-art.com

Tidak sedikit orang di dunia yang sudah lama menggunakan Blogger dan tidak ketinggalan juga orang-orang Indonesia yang begitu banyak menggunakan blog di Blogger.

Rata-rata orang Indonesia mulai belajar menggunakan blog itu dari platform Blogger atau Blogspot.Com, termasuk spot sendiri juga lebih menyukai blog satu ini, karena selain fiturnya yang lengkap, mudah digunakan dan juga pastinya gratis.

Blog Blogger ini adalah sebuah platform blog dari atau yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Dengan blog ini kamu bisa melakukan cukup banyak hal yang berkaitan dengan dunia blogging, karena blog ini memberikan berbagai fitur dan fasilitas secara gratis untuk penggunanya. Blogger ini juga ada fasilitas iklan Googel Andsense untuk publishernya agar mereka bisa mendapatkan pendapatan dari blog yang mereka kembangkan.

Untuk membuat atau mendaftar blog di Blogger atau Blogspot, sebelumnya kamu harus memiliki sebuah akun Gmail yang masih aktif untuk dapat mendaftarkan diri di platform Blogger. Karena akun Gmail adalah syarat utama untuk kamu dapat membuat atau sign up di Blogger.

Caranya: Cara terbaru daftar akun email Gmail 218

Bagi kamu yang sudah memiliki akun Gmail bisa melanjutkan membaca artikel cara membuat blog Blogger. Dibawah nanti saya akan menjelaskan dengan detil cara lengkap membuat Blogger/Blogspot dari awal sampai akhir, dari a sampai z.

Step by Step Mendaftar di Blogger


Berikut ini adalah penjelasan tentang langkah-langkah untuk mendaftar atau membuat blog di Blogger dengan paling lengkap.

  1. Pertama kamu kunjungi Blogger atau via Sign Up Blogger.
  2. Kemudian masukkan detil akun gmail kamu, email Gmail dan password.
  3. Selanjutnya pada halaman "selamat datang" kamu klik pada tombol Buat Blog, untuk memulainya.
  4. Pada bilah kiri kamu klik "Blog Anda" > Buat baru > atau bisa juga langsung dengan kamu klik pada "Buat Blog Baru".
  5. Selanjutnya pada popup atau jendela baru "Daftar Blog > Buat blog baru", kamu harus mengisi 3 hal berikut.
    a. Masukkan nama untuk blog yang akan kamu buat.
    b. Kemudian masukkan alamat blog, ini yang nanti akan menjadi url blog kamu.
    c. ketiga pilih tema atau template blog sesuai keinginan, untuk hal ini diterapkan nanti juga bisa kok.
  6. Jika a,b, dan c sudah diterapkan dengan benar maka terakhir kamu tinggal klik saja pada Buat Blog!, dan sampai tahap ini blog yang kamu buat sudah selesai dan siap untuk kamu gunakan, tulis artikel dan terbitkan.

Keenam step di atas sudah selesai dan kini saatnya untuk kamu mulai menggunakan Blogger yang barusan sudah kamu buat sendiri. Sekarang kamu sudah bisa menulis artikel-artikel menarik dan kamu publikasikan untuk selanjutnya bisa kamu bagikan ke teman-teman media sosial, dan hal ini juga berdampak positif untuk meningkatkan pengunjung (trafik) blog yang kamu kelola.

Cara Membuat dan menulis Artikel Baru di Blogger


Nah selanjutnya spot akan memberikan ulasan untuk kamu agar bisa tau bagaimana caranya untuk mulai membuat artikel baru di Blogger. Baiklah langsung saja kita ke lokasi TKP untuk bimbingan belajar membuat artikel pertama di Blogger.

  • Untuk membuat artikel baru di Blogger, tinggal kamu klik saja pada Entri baru.
  • Kemudian pada pilihan "Compose HTML", kamu pilih HTML agar kamu dapat lebih leluasa menulis artikel.
  • Jangan lewatkan untuk memasukkan atu tulis judul sesuai dengan artikel yang kamu buat.
  • Setelah memasukkan judul, kemudian kamu tulis isi artikelnya sesuai dengan judul.
  • Kamu juga dapat menambahkan gambar, video, dan masih banyak lagi sebagainya.
  • Jika semua kamu yakin sudah siap dan artikel kamu siap untuk dipublikasikan, dengan cara klik saja Publikasikan.

Kamu jangan diam sampai disini saja, setelah artikel yang kamu buat, kamu publikasikan dan jangan lupa untuk diberitahukan ke Google Webmaster / submit url, agar artikel yang telah kamu publikasikan dapat langsung terindeks dan mudah ditemukan dimesin pencarian Google.

Cara Submit Artikel di Goole Webmaster Tools


Kalau kamu juga belum tau caranya Submit Url bisa lihat pada penjelasan dibawah ini tentang cara submit artikel ke Google Webmaster Tools, dan berikut ini langkah-langkahnya.

  • Kunjungi Google Webmaster Tools.
  • Kemudian pada kolom url kamu masukkan url artikel.
  • Jangan lupa centang pada "Saya bukan robot" > pilih gambar sesuai perintah > jika sudah benar klik verivy
    > centang hijau muncul otomatis pada saya bukan robot > terakhir kamu klik "Kirim permintaan", dan permintaan kamu akan segera diproses.
  • Selesai.

Tunggu 2 atau sampai 5 menit, kemudian coba cek pada pencarian Google apakah artikel yang kamu kirim barusan sudah terindek atau belum, jika belum bisa kamu coba ulang beberapa menit kemudian, dengan cara seperti berikut.

3 Cara Mengetahui Postingan Terindeks atau Belum di Mesin pencarian Google


Untuk melihat dan mengetahui apakah artikel atau postingan yang sebelemnya sudah kamu kirim ke Google Webmaster Tools terindeks atau belum pada mesin pencarian Google (search engine), dan berikut ini adalah caranya.

  1. Pertama: pada kotak pencarian kamu ketikkan atau masukkan judul artike kamu dengan lengkap, lalu search/enter atau cari.
    Biasa artikel yang sudah di submit akan muncul 2 atau 5 menit kemudian. Karena pesaingan yang begitu ketat pada halaman pertama pencarian Google, bisa jadi artikel kamu berada pada halaman-halaman berikutnya, karena mengingat artikel kamu masih sangat bayi (baru). Apabila masih belum juda ditemukan, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan cara kedua.
  2. Cara kedua: salin dan tempelkan url artikel kamu pada kotak pencarian (ingat bukan pada kotak url ya), kemudian search/enter atau cari.
    Jika dengan cara kedua ini masih juga belum berhasil ditemukan, kamu bisa menggunakan cara selanjutnya yaitu cara ketiga, saya pastikan cara yang ketiga ini akan berhasil.
  3. Cara ketiga: seperti sebelumnya, pada kotak pencarian masukkan url artikelnya namun dengan menambahkan site: di awal url artikel, kemudian search/enter atau cari.
    Contohnya -> http://namablog.blogspot.com/tahun/tanggal/judul-artikel-kamu.html menjadi site:http://namablog.blogspot.com/tahun/tanggal/judul-artikel-kamu.html kemudian enter, dan lihat artikel kamu mucul dihalaman pertama pencarian Google.

Nah yang barusan di atas adalah cara submit artike/postingan di Google Webmaster Tools dengan hasil yang ditemukan nanti adalah artikel tertentu yang kamu kirimkan saja, dan cara ini bisa diterapkan setiap kali kamu kamu mempublikasikan artikel baru.

Jika kamu ingin agar seluruh isi halaman termasuk semua artikel kamu dapat ditemukan pada mesin pencarian Google maka kamu bisa melakukannya dengan cara mengirim atau menambahkan blog kamu di halaman beranda Search Console.

Cara Menambahkan Blog ke Seacrh Console Webmaster Tools


Hal ini penting dilakukan untuk pengindeksan data dan pemeringkatan blog kamu pada mesin pencarian, dengan melakukan ini maka seluruh halaman artikel kamu akan terindeks pada halaman pencarian.

Cara ini disebut juga cara submit sitemap blog di Google Webmaster. Ini adalah alternatif atau cara praktis untuk mencakup seluruh konten blog kamu terindeks pada mesin pencarian Google, dan berikut ini cara menambahkan properti blog kamu di seacrh console.

  • Petama kamu kunjungi halaman Webmaster Search Console.
  • Pada halaman pertama, kamu klik saja tombol TAMBAHKAN PROPERTI.
  • Pada popup yang muncul, masukkan url blog kamu dengan lengkap dan benar misalkan (http://namablogkamu.blogspot.com/) lalu klik Tambah.
  • kemudian klik peta Situs, untuk menambahkan "Sitemap" blog, dengan cara seperti ini.
    Klik Peta Situs > TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS > pada popup yang muncul kamu cukup menambahkan sitemap.xml pada kotak yang ada dan kemudian klik saja tombol kirim.
    Harap tenang untuk beberapa hari, karena sitemap yang baru kamu kirim akan diproses untuk mengumpulkan data, dan akan ada hasilnya dalam beberapa hari kedepan, kamu akan menerima notifikasi melalui email Gamil yang kamu gunakan untuk login di Blogger.

Nah sekarang lanjutkan kepada tahap membuat laman di Blogger, laman biasanya hanya terdiri antara 3 sampai 10 laman saja seperti yang biasanya digunakan blog master pendahulu.

Cara Membuat Laman di Blogger


Laman biasa digunakan untuk halaman khusus saja seperti misalnya halaman contact us, sitemap, about me, privacy, disclaimer, biasanya laman hanya digunakan untuk halaman-halaman yang biasa kamu lihat seperti beberapa contoh tadi.

Untuk membuat laman di Blogger cukup gampang kok, tidak ada bedanya dengan cara membuat artikel atau postingan, kamu tinggal menambahkan laman baru, isi judul dan isinya kemudian publikasikan, contoh penerapannya seperti berikut.

  • Klik pada Laman baru atau Buat laman baru.
  • Isikan judul laman, misalkan untuk halaman kontak bisa dengan judul "Contact Us" / "Contact Me".
  • Kemudian kamu isi konten untuk halaman, kalau untuk halaman "about me" atau tentang saya, bisa kamu tuliskan sedikit tentang profil kamu sebagai pengelola blog dan tambahkan dengan atau tengtang apa blog yang kamu kelola.
  • Boleh di isi dan boleh tidak, jika kamu mau bisa mengisi beberapa kata untuk deskripsi tentang halaman yang kamu buat.

Next time... 🖒😆

0 Response to "Cara Buat Blogger Sendiri Paling Mudah Tahun Ini, Mulai Dari A Sampai Z"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel